Popular Post

Posted by : Unknown Jumat, 19 September 2014

Malam Anugerah Apresiasi Pendidikan Islam 2013

Apresiasi Pendidikan Islam (API) adalah sebuah penghargaan yang diberikan kepada Individu maupun Institusi yang telah menunjukkan dedikasi yang luar biasa dalam upaya memajukan pendidikan Islam. Kegiatan yang diselenggarakan Direktorat Jendral Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) merupakan agenda rutin setiap tahun.
Penerima penghargaan (apresiasi) dikelompokkan dalam lima bidang, yaitu Pemerintah Daerah peduli Pendis, Pendidikan Madrasah (penma), Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Pendidikan Agama Islam (PAIS), Pendidikan Tinggi Islam. API diselenggarakan sebagai ungkapan terima kasih dan penghargaan dari Ditjen Pendis kepada seluruh pemangku kepentingan yang melalui kepedulian, prestasi, dan kerjasama yang bersifat sinergis telah memperlihatkan dedikasi yang luar biasa dalam meningkatkan akses, mutu, dan daya saing Pendidikan Islam.
Kemajuan Pendis dewasa ini ditentukan oleh kerja keras seluruh civitas pendis, yang menjadi ujung tombak seperti para kyai, ustadz, guru, dosen, pengawas, tenaga kependidikan (administrasi), pimpinan lembaga pendidikan, bahkan para santri, siswa. Setiap tahun mereka telah menorehkan prestasi yang membanggakan dalam berbagai kompetensi pada tingkat nasional maupun internasional.
Sebelum penyerahan penghargaan yang sedianya disampaikan langsung oleh menteri agama, diawali dengan sambutan  Bapak Wamenag  (atas nama menag) pada malam Anugerah Apresiasi Pendidikan Islam (API) 2013 di Menara Bidakara, dengan pokok-pokok sambutan sebagai berikut:
1. Tampilkanlah karya terbaik kita, karna hidup sekali harus terus berkarya.
2. Pendidik adalah salah satu tokoh Islam, yang harus tampil mencitrakan Islam sebagai agama yang mengubah peradaban.
3. Sebagai Pendidik, mengajar dan mendidik menggunakan rasa jangan semata-mata menggunakan rasio. Lakukan… tugas anda dengan jujur dan ikhlash Allah SWT yang akan menentukan hasilnya.
4. Jangan pernah menyalahkan sejarah atau mengkambinghitamkan sejarah, tapi buatlah dan torehkan sejarah pendidikan Islam. Kalau Timur Tengah telah melahirkan Islam, Maka Indonesia harus tampil mengembangkan peradaban Islam. Pendidik Islam
sudah saatnya melakukan Reindoneisanisasi Pendidikan Islam.
Adapun Penerima Apresiasi cukup Banyak, mulai dari Kepala Daerah, Lembaga, maupun individu. khususnya untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama sebagai berikut :
A. Guru Kreatif inovatif
1. Juara I Ibu Ihat Sholihat dari  Purwakarta – Jabar
2.Juara II Bapak Muhamad Jemadi dari Surabaya – Jatim
3. Juara III Bapak Ali Afandi dari Sleman – DIY
4. Juara harapan I Bapak Hasanuddin dari Makasar – Sulsel
5. Juara harapan II Bapak Junaidi dari Padang – Sumbar
6. Juara harapan III Bapak Dedy Novianto dari kota Malang -Jatim
B. Institusi
1. MGMP PAI SMP Kabupaten Tulungagung – Jatim
2.MGMP PAI SMP Kota Malang – Jatim
3.MGMP PAI SMP Kabupaten Malang- Jatim.
Semoga tahun depan makin banyak yang berprestasi khususnya propinsi Jatim tahun ini menjadi Juara UMUM baik Pentas PAIS, maupun Apresiasi PENDIS. (uje)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © MGMP PAI SMP KOTA SURABAYA - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Ery Madridista -